Kamis, 08 Desember 2016

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dr. Dirgantara Wicaksono, M. Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :    SD Negeri IV Jati Bening
Kelas / Semester          :     V / 2
Tema 8                            :     Ekosistem
Sub Tema 1                   :     Komponen Ekosistem
Alokasi Waktu               :     (6 x 35 menit) 1 x Pertemuan


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1       Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
¡  Menceritakan informasi dari teks bacaan tentang komponen di dalam sebuah ekosistem.
Kompetensi Dasar (KD) :
4.1       Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
¡  Mengolah informasi dari teks laporan buku tentang komponen di dalam sebuah ekosistem

Matematika
Kompetensi Dasar (KD) :
3.7       Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan.
Indikator:
¡  Menentukan rasio keliling dan diameter lingkaran
Kompetensi Dasar (KD) :
4.5       Melakukan percobaan dan melaporkan hasilnya untuk menemukan keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
Indikator:
¡  Menentukan rasio keliling dan diameter lingkaran

IPA
Kompetensi Dasar (KD) :
3.6       Mengenal jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan pada ekosistem di lingkungan sekitar.
Indikator:
¡  Mengidentifikasi komponen di dalam sebuah ekosistem
Kompetensi Dasar (KD) :
4.6a.   Menyajikan hasil pengamatan untuk membentuk rantai makanan dan jejaring makanan dari makhluk hidup di lingkungan sekitar yang terdiri dari karnivora, herbivora, dan omnivora
Indikator:
¡  Melakukan pengamatan untuk mengidentifikasi komponen di dalam sebuah ekosistem

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu mengidentifikasi komponen di dalam sebuah ekosistem.
¡  Dengan melakukan tanya jawab, siswa mengetahui komponen dalam sebuah ekosistem.
¡  Dengan bekerja sama dengan kelompok dalam mengamati lingkungan sekitar, siswa mampu membedakan benda hidup dan benda tidak hidup.
¡  Dengan mengolah informasi yang disediakan, siswa mampu memahami rasio keliling dan diameter lingkaran.
¡  Dengan mengolah informasi yang disediakan, siswa mampu memahami rasio keliling dan diameter lingkaran.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mencari informasi tentang komponen di dalam sebuah ekosistem melalui bacaan, dan menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan
¡  Menyimak teks percakapan,dan mengidentifikasi ciri-ciri benda hidup dan benda mati yang merupakan komponen ekosistem dengan teliti
¡  Menyimak teks bacaan tentang lingkaran dan penjelasan guru, dan mengidentifikasikan jari-jari dan diameter lingkaran dengan percaya diri.
¡  Melakukan kegiatan berdiskusi dan mencoba, untuk menentukan rasio keliling dan diameter lingkaran dengan cermat
¡  Mengamati benda-benda di lingkungan sekitarnya, dan membedakan biotik dan abiotik dengan cermat.

E.     PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Komponen Ekosistem”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

15 menit
Inti
§  Mulai kegiatan dengan membaca percakapan sederhana tentang berbagai ekosistem di berbagai belahan dunia dan sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. (Kegiatan mengamati)
§  Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyan seperti: Apa yang kamu ketahui tentang ekosistem? Menurutmu apa komponen yang penting dalam sebuah ekosistem?
§  Padukan kegiatan ini dengan pembahasan tentang pembelajaran ekosistem (tema sub1)
180 menit
§  Siswa membaca teks bacaan Ekosistem secara saksama.
§  Siswa mengamati bagian-bagian informasi penting dari bacaan dan merumuskan komponen-komponen yang penting dalam sebuah ekosistem cermat dan teliti. (Kegiatan mengamati)
§  Siswa berkolaborasi dengan teman sebangku dalam kegiatan menanya.
§  Siswa mendengarkan instruksi/urutan kegiatan yang diberikan guru.
§  Siswa mencermati daftar pertanyaan tentang ekosistem dan hal-hal yang berkaitan dengan ekosistem.
§  Siswa bersama teman sebangku menjawab pertanyaan yang diberikan pada kertas yang telah disediakan. Siswa diperbolehkan mencari informasi tambahan dari berbgai sumber untuk melengkapi jawaban mereka.
§  Siswa menempelkan jawaban mereka di karton besar dan menempelkannya di dinding kelas.
§  Siswa melakukan “Galery Walk” dengan mambaca secara bergantian hasil jawaban mereka di Kartu Tanya.
§  Siswa berlatih bekerja berkelompok untuk mengamati dan mengidentifikasi karakteristik benda hidup dan benda mati dari berbagai sumber. (Kegiatan mencari informasi)
§  Siswa melengkapi tabel karakteristik benda hidup dan benda mati serta mencari contoh dengan memperhatikan masing-masing karakteristiknya.
§  Siswa kemudian mempresentasikan hasil pekerjaan mereka di depan kelas dengan sikap percaya diri.
§  Bimbing siswa untuk berbicara dengan memperhatikan konten atau isi materi, volume suara yang cukup, kejelasan kata, intonasi bervariasi serta sikap percaya diri ketika berbicara di depan kelas.
§  Siswa mengidentifikasikan persoalan tentang konsep lingkaran dan karakteristiknya secara cermat dan teliti.
§  Siswa mengidentifikasi gambar lingkaran dan unsurunsur penting dalam sebuah lingkaran diantaranya jari-jari, diameter, luas dan keliling lingkaran. (kegiatan Mengasosiasikan)
§  Siswa melakukan metode penghitungan dengan menentukan rasio untuk menghitung keliling lingkaran menggunakan rumus.
§  Siswa bekerja dengan teman sebangku untuk menggali lebih dalam tentang konsep bangun datar lingkaran
§  Siswa berlatih memecahkan beberapa persoalan bangun datar lingkaran dan berlatih menentukan keliling dan keliling diameter dalam lingkaran dengan cermat dan teliti.
§  Bimbing siswa dalam memecahkan persoalan penghitungan lingkaran serta secara cermat dan teliti.
§  Siswa mengidentifikasikan persoalan penghitungan keliling lingkaran
§  Siswa memecahkan permasalahan matematika berdasarkan pemahaman mereka tentang penghitungan keliling lingkaran (Mengomunikasikan)
§  Siswa menyelesaikan masalah matematika secara cermat dan teliti
§  Bimbing siswa dalam mengidentifikasi soal dan menggunakan penghitungan model matematika dengan benar dan sistematis
§  Siswa mengamati lingkungan sekitar mereka serta mengidentifikasi benda hidup maupun benda mati serta konsep biotik dan abiotik dengan disertai pencarian informasi dari berbagai sumber
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru & Buku Siswa Tema : Ekosisitem Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Kartu tanya.

H.     PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Rubrik Keterampilan Membaca Teks
Kompetensi yang  dinilai:
¡  Pengetahuan siswa tentang informasi bacaan dengan topik  Ekosistem
¡  Keterampilan siswa dalam mencari informasi
¡  Sikap  ketelitian dan kecermatan siswa dalam membaca

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Isi dan
Pengetahuan:
Siswa dapat memahami keseluruhan bacaan dengan sangat baik, dan dapat memberikan informasi singkat yang sangat lengkap
Siswa dapat memahami keseluruhan bacaan dengan baik,  dan dapat memberikan informasi singkat yang lengkap
Siswa dapat memahami keseluruhan bacaan dengan cukup baik,
dan dapat memberikan informasi singkat yang cukup lengkap
Siswa masih perlu membaca lebih  saksama dan memahami keseluruhan bacaan dengan baik,  serta perlu meningkatkan kemampuan untuk dapat memberikan informasi singkat yang  lengkap
SIkap:
Sikap ketika membaca saksama
Siswa menunjukkan kecermatan dan ketelitian yang sangat baik ketika membaca serta menunjukkan kualitas sikap yang  sangat baik dan terpuji ketika membaca saksama
Siswa menunjukkan kecermatan dan ketelitian yang baik  ketika membaca serta menunjukkan kualitas sikap yang  baik  dan terpuji ketika membaca saksama
Siswa menunjukkan kecermatan dan ketelitian yang  cukup baik ketika membaca serta menunjukkan kualitas sikap yang  cukup baik  dan terpuji ketika membaca saksama
Siswa
masih harus menunjukkan peningkatan dalam kecermatan dan ketelitian ketika membaca serta masih harus meningkatkan kualitas sikap yang  baik  dan terpuji ketika membaca saksama

Rubrik Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran
Kompetensi yang  dinilai:
¡  Pengetahuan siswa tentang luas dan keliling lingkaran Keterampikan siswa dalam mengukur keliling dan luas lingkaran Kecermatan dan ketelitian siswa dalam berhitung

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan tentang keliling dan luas lingkaran
Sangat terorganisir dan sistematik dalam mengukur keliling dan menaksir luas, jari-jari atau diameter
terorganisir dan memahami
cara mengukur keliling dan menaksir luas, jari-jari atau diameter
Terdapat usaha untuk mengorganisir tetapi belum dilakukan dengan baik
Tidak terorganisi dan tidak sistematik
Sikap Kecermatan dan Ketepatan perhitungan
Tidak ada kesalahan dalam mengukur keliling dan menaksir luas menggunakan jari-jari atau diameter
Terdapat 1-2 kesalahan dalam mengukur keliling atau menaksir luas menggunakan jari-jari atau diameter
Mengukur keliling atau menaksir luas dengan
menggunakan jari-jari atau diameter dilakukan tetapi tidak mendapatkan hasil yang benar
Tidak dapat menentukan keliling dan menaksir luas
Keterampilan dalam memecahkan masalah
Sangat Jelas dan menunjukkan pemahaman masalah
serta dapat mengukur
dan menaksir keliling maupun luas lingkaran
Jelas  dan menunjukkan pemahaman masalah
serta dapat mengukur
dan menaksir keliling maupun luas lingkaran
Cukup
jelas tetapi menunjukkan kurang pemahaman masalah
serta belum sempurna dalam mengukur
dan menaksir keliling maupun luas lingkaran
Tidak jelas dan sukar diikuti


Mengetahui
Kepala Sekolah,




( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas V




( ___________________ )
NIP ..................................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar